8 Ular Terbesar di Dunia, Temukan Fakta Uniknya

8 Ular Terbesar di Dunia, Temukan Fakta Uniknya

0
5454
rjsyahrulloh.blogspot.com
Pernah bertanya-tanya apakah ular raksasa seperti yang ada di film-film macam Anaconda, Vipers, Boa vs Phyton, dll? Jika anda beranggapan bahwa ular-ular raksasa seperti itu hanya ada di film dan merasa aman-aman saja, maka sepertinya kamu harus sedikit mulai untuk waspada.
Ular berukuran raksasa benar-benar ada di dunia. Bahkan, beberapa dari ular raksasa itu juga telah ditemukan di Indonesia.
Meski berukuran besar, namun ular-ular raksasa ini biasanya tidak memiliki bisa. Lalu? Apakah itu berarti bahwa ular-ular raksasa ini tidak berbahaya bagi manusia?
Meski mereka tidak memiliki bisa, namun mereka masih mematikan dengan jurusnya yang melilit mangsanya hingga mati. Cara ular-ular ini memangsa ngga jauh beda dengan yang digambarkan di film-film.
Agar bisa waspada, paling tidak kita harus mengenali mereka dan tempat tinggalnya dong. Jadi, kalau kita ada di daerah tempat tinggal para ular-ular raksasa ini kita bisa meningkatkan kewaspadaan kita.

1Anaconda Raksasa dari Brazil

rjsyahrulloh.blogspot.com
Ular ini tinggal di Sungai Abuna yang ada di Brazil. Si anaconda penunggu Sungai Abuna ini panjang tubuhnya sekitar 45 kaki, atau jika dikonversi dalam ukuran panjang tubuh yang biasa kita kenal, 13 meter.
Seperti halnya penunggu suatu tempat yang kita kenal-, ular ini akan menyerang hal yang dianggap mengganggu lingkungannya. Bahkan, Anaconda satu ini juga enggak segan menyerang kapal yang lewat sungai yang ditungguinya.
Serem yak! Kayaknya mending menghindari lewat sungai yang punya penunggu macam ini, kecuali kalo pingin nyumbang tubuh dan nyawa pada si ular. Ups, becanda.

2Ular Titanoboa dari Colombia

durangoherald.com
Ular Titanoboa ini sebenarnya termasuk dalam hewan purba. Spesies ini diperkirakan hidup sekitar 65-55 juta tahun silam.
Ular ini mulai dikenali keberadaannya saat fosilnya ditemukan oleh tim ilmuwan internasional di kawasan tambang batu bara di wilayah Cerrejon, Kolombia. Diperkirakan ular ini hidup di kawasan Amerika Selatan.
Bisa dibilang, di zamannya, ular ini adalah ular terbesar di zamannya. Ular ini ukurannya lebih besar daripada Anaconda, yaitu 14 meter.

3Ular Phyton Guihua dari Sumatera

aganjar.com
Ular Phyton yang ditemukan di Sumatera ini memiliki panjang ± 14,86 meter dan berat 447 kg. Ga kalah horror dari Ular Anaconda yang disebutkan di awal tadi, menurut cerita warga sekitar.
Ular phyton satu ini mampu menelan bulat-bulat seorang manusia dalam hitungan detik! Jadi, buat yang tinggal di Sumatera atau yang Cuma main ke sana, jangan coba dekat-dekat dengan ular satu ini yak!

4Inyakamba dari Afrika

rivanputra.wordpress.com
Benua yang cukup terkenal dengan kerajaan hewannya juga ga kalah soal ular raksasa. Benua ini juga memiliki ular raksasa yang panjangnya diperkirakan sekitar 15 meter.
Gambar ular ini berhasil diabadikan dalam sebuah foto yang diambil oleh seorang turis yang sedang berkunjung ke Afrika. Buat kalian yang masih sayang nyawa kalian, sepertinya lebih baik jangan meniru tindakan si turis ini ya.

5Ular Boa dari Cina

sosboks.blogspot.com
Ular ini ditemukan oleh para pekerja yang hendak membangun jalan baru di Cina. Ular yang panjangnya 16 meter ini sempat menimbulkan di kalangan warga sekitar karena kemunculannya. Hal ini tentu saja sangat wajar, mengingat ukuran raksasa yang dimiliki ular ini.

6Ular Nabau dari Kalimantan

ivanildosantos.blogspot.com
Sang runner up di daftar ular raksasa versi “Idzsn News” berasal dari Kalimantan. Meski belum benar-benar diukur dengan pasti ukuran ular ini, namun konon ular ini panjangnya mencapai 30 meter. Ular yang berhabitat di Sungai Baleh, Kalimantan.
Warga setempat yang menemukan ular ini menyebutnya dengan nama “Nabau”.

7Yacumama dari Belantara Amazon

youtube.com
Akhirnya, Sang ular raksasa di antara para raksasa ular jatuh pada Yacumama dari Sungai Amazon di wilayah Peru. Sama seperti ular Nabau, belum diketahui dengan pasti berapa panjang ular ini, begitu pula dengan keberadaannya.
Namun, warga setempat meyakini adanya ular ini dan menyatakan bahwa ular ini panjangnya mencapai 40 meter dengan diameter tubuh 2 meter.
Saking gedhenya ular ini, mereka juga bercerita bahwa jika ular ini bergerak, maka air sungai akan berguncang hebat! Well, this is the power of 40 meters long snake! Kalau ukurannya makin gedhe gini, maka harus tetap hati-hati ya.
8 Ular Terbesar di Dunia, Temukan Fakta Uniknya 8 Ular Terbesar di Dunia, Temukan Fakta Uniknya Reviewed by ayam bangkok on 17.06 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.